Kamis, 13 Juni 2013

Ini Dia Orang Pertama Yang Berhasil Berjalan Kaki Keliling Dunia

Bisa berjalan kaki keliling dunia ternyata bukan hanya khayalan belaka. Seorang pria asal Jepang berusia 32 tahun ini telah berhasil melakukannya. Masahito Yoshida, orang pertama yang berhasil berjalan kaki keliling dunia ini baru saja kembali ke Shanghai, kota saat ia mengawali perjalanan keliling dunia sekitar empat setengah tahun yang lalu. Ketika ia kembali, ia telah berjalan sejauh 40.000 kilometer di empat benua dengan membawa sebuah gerobak roda dua untuk membawa perbekalan seadanya.
Perjalanan keliling dunia ini dimulai pada malam tahun baru 2009 silam. Saat itu, Masahito Yoshida yang berasal dari kota Tottori, Jepang, berangkat dari Shanghai untuk menjelajahi dunia dengan berjalan kaki. Dia memilih berjalan kaki untuk melihat semua keajaiban dunia. Menurutnya, perjalanan menggunakan pesawat atau kereta api akan membuat dirinya hanya melihat sebagian besar dari keindahan dunia saja, sementara sudut-sudut terkecilnya bisa saja masih terisolasi dan tidak terlihat.
Tujuan pertamanya adalah Cape Roca, di Pantai Portugal. Ia tiba di tempat ini pada bulan Agustus 2010 setelah berjalan sejauh 16.000 kilometer melalui Asia Tengah dan Eropa. Dia kemudian terbang menggunakan pesawat ke Amerika. Di sini, ia menghabiskan waktu selama satu tahun untuk berjalan 6.000 km dari Atlantic City, New Jersey ke Vancouver, Kanada.
Pada akhir 2011 ia kehabisan sebagian besar dana perjalanan. Akhirnya, ia mulai mengambil pekerjaan paruh waktu untuk membiayai sisa perjalanannya. Dari Kanada, ia terbang ke Melbourne, Australia Selatan, dan berjalan ke utara menuju Darwin. Ia lalu terbang ke Singapura dan kembali ke Shanghai, Cina.
"Ada saat-saat ketika saya merasa hidup saya dalam bahaya, namun perjalanan juga memberi saya kesempatan untuk mengalami kebaikan orang," kata Yoshida, seperti dilansir OddityCentral, Kamis (13/6/2013).
Berjalan puluhan kilometer sehari, melalui negara asing, adalah hal yang tidak mudah. Namun begitu, walaupun ia menderita stroke saat di Vietnam, ia terus berjalan 30 kilometer setiap hari karena visanya itu akan berakhir. Sekarang, Masahito siap untuk menyeret gerobak seberat 50 kg untuk 500 km tambahan ke Taiwan, sebelum kembali ke Jepang pada bulan Agustus.
Hal pertama yang ia ingin lakukan ketika ia pulang dari keliling dunia adalah berjalan bersama anjingnya. Lalu ia berencana untuk menghemat uang sebelum melakukan petualangan barunya.
"Tujuan saya berikutnya adalah untuk berjalan dari ujung selatan Amerika Selatan ke Kutub Utara," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar